Solusi Ilmu

Heartless Background

Senin, 18 November 2013

Asam Urat

Asam urat adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, ... thumbnail 1 summary
Asam urat adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein. Asam urat memiliki bentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (Sutomo,2010).
Penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa asam urat dapat berperan sebagai penanda dari stress oksidatif, antioksidan, dan prooksidan khususnya pada kadar yang tinggi. Meskipun demikian, masih belum jelas kadar asam urat yang tinggi pada penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif merupakan respon proteksi atau sebab primer (Lamina dan Okoye. 2010)
Asam urat merupakan metabolisme di dalam tubuh sehingga kadarnya tidak boleh berlebih. setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena setiap metabolisme normal menghasilkan asam urat. Pemicu meningkatnya asam urat adalah makanan dengan senyawa lain yang banyak mengandung purin (Sutomo, 2010)
Purin adalah protein yang termasuk golongan nucleoprotein. Purin didapat dari makanan seperti daging, jeroan, kepiting, kerang, keju, kacang tanah, bayam, dan buncis serta berasal dari penghancuran sel-sel tubuh yang sudah tua. Pembuatan atau sintesis purin dapat dilakukan oleh tubuh sediri dari bahan-bahan seperti karbondioksida, glutamine, glisin, asam aspartat, dan asam folat. Hasil metabolisme purin diangkut ke hati, lalu mengalami oksidasi menjadi asam urat, dan kelebihan asam urat dibuang melalui ginjal lewat urin dan usus (Setiawan, 2008)
Asam urat diketahui berfungsi sebagai antioksidan dan mungkin antioksidan yang paling penting dalam plasma dengan kontribusi sampai 60% dari seluruh aktivitas pembersihan radikal bebas dalam serum manusia, urat yakni bentuk asam urat yang larut dalam darah dapat menagkap superoksida, radikal hidroksil, oksigen tunggal dan juga mempunyai kemampuan untuk chelasi logam-logam transisi. (Wisesa dan Suastika, 2009)

Kadar asam urat untuk pria 2,1 sampai 8,5 mg/dl dan wanita 2,0 sampai 6,6 mg/dl. Bagi mereka yang berusia lanjut, kadar tersebut lebih tinggi. Rata-rata kadar normal asam urat adalah 3,0 sampai 7,0 mg/dl. Kadar asam urat yang lebih tinggi dari 7,0 mg/dl dapat menyebabkan serangan gout dan ila lebih dari 12 mg/dl dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. (Sutomo,2010)

Tidak ada komentar

Posting Komentar